Sunday, November 10, 2013

Pare



Tanaman Pare merupakan salah satu tanaman yang memiliki buah yang sering digunakan untuk sayur. Makanan yang berasal dari pare sering dijauhi karena rasanya yang pahit, namun tunggu dulu si hijau dengan bentuk dan rasa yang unik ini mempunyai segudang khasiat yang berguna. Diantara manfaatnya untuk kesehatan antara lain, mencegah kanker, menjaga kesehatan hati, serta mengatasi konstipasi atau yang lebih dikenal dengan kesulitan buang air besar.

Manfaat
Mau tau kenapa  manfaat pare sangat mengagumkan ? Manfaat pare karena kandungan nutrisinya. Iya, meski pahit namun kandungan nutrisi yang ada dalam pare sangat banyak. Disebut-sebut sebagai sumber penghasil flavonoids, beta-carotene, lutein, dan zea-xanthin. Memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Beberapa zat antioksidan ayng mampu menangkal radikal bebas serta mencegah kanker dan mencegah berbagai penyakit lainnya.Pare juga mengandung kalori yang rendah, serat tinggi, mineral, vitamin dan antioksidan.
Tanaman yang biasa dikonsumsi dengan cara direbus atau dibuat sayur ini juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jus. Bila ingin merasakan manfaat pare, dapat dilakukan dengan minum jus pare secara rutin setiap harinya bisa digunakan untuk membersihkan hati, dan juga baik untuk penderita asma. Cara membuat jus pare tidak sulit. Yang dibutuhkan adalah 100 gram pare yang sudah dicuci bersih. Potong kecil-kecil untuk membantu membuatnya cepat hancur. Kemudian campur dengan air dan garam. Selanjutnya tinggal tekan tombol on pada blender. Untuk rasa bisa ditambahkan sesuai dengan selera. Jeruk ataupun lemon bisa digunakan sebagai tambahan untuk mendapatkan rasa yang lebih enak dan segar. Untuk hasil yang optimal, biasakanlah minum pare disaat pagi hari saat perut masih kosong.
Tanaman pare tumbuh subur pada dataran rendah, bahkan tak jarang tanaman ini ditemukan tumbuh secara liar di tegal, pekarangan rumah ataupun tanah kosong lainnya. Pare merupakan tanaman yang tumbuh merambat atau memanjat dengan sulur berbentuk spiral, bercabang banyak, dengan daun tunggal bertangkai yang terletak selang-seling. Bau dari tumbuhan pare lumayan menyengat. Buah pare memang memiliki rasa pahit, sehingga sedikit sekali orang yang mau mengkonsumsinya. Buah dengan bentuk bulat panjang, dengan pangkal berbentuk jantung berwarna hijau tua. Dibalik rasanya yang pahit, ternyata pare menyimpan manfaat yang mengagumkan.

No comments:

Post a Comment