Sunday, November 10, 2013

Terong

Terung (Solanum melongena, di Pulau Jawa lebih dikenal sebagai terong) adalah tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran. Asalnya adalah India dan Sri Lanka.Terung berkerabat dekat dengan kentang dan leunca, dan agak jauh dari tomat.
Terung ialah terna yang sering ditanam secara tahunan. Tanaman ini tumbuh hingga 40-150 cm (16-57 inci) tingginya. Daunnya besar, dengan lobus yang kasar. Ukurannya 10-20 cm (4-8 inci) panjangnya dan 5-10 cm (2-4 inci) lebarnya. Jenis-jenis setengah liar lebih besar dan tumbuh hingga setinggi 225 cm (7 kaki), dengan daun yang melebihi 30 cm (12 inci) dan 15 cm (6 inci) panjangnya. Batangnya biasanya berduri. Warna bunganya antara putih hingga ungu, dengan mahkota yang memiliki lima lobus. Benang sarinya berwarna kuning. Buah tepung berisi, dengan diameter yang kurang dari 3 cm untuk yang liar, dan lebih besar lagi untuk jenis yang ditanam.
Dari segi botani, buah yang dikelaskan sebagai beri memiliki banyak biji yang kecil dan lembut. Biji itu dapat dimakan tetapi rasanya pahit karena mengandung nikotin, sejenis alkaloid yang banyak dikandung tembakau.

Manfaat
  • Banyak mengandung vitamin C
manfaat terong yang pertama yaitu, terong terdapat banyak vitamin C yang sangat baik untuk mencegah dan mengobati sakit sariawan, bukan hanya itu Vitamin C juga berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh kita.
  • Baik untuk kesehatan tulang
Di dalam terong terdapat senyawa yang di sebut dengan fosfor dan juga senyawa magnesium. Fungsi dua senyawa ini sangat baik untuk pertumbuhan tulang agr kuat dari kini dan nanti.
  • Sebagai antioksidan tubuh
Di dalam terong juga terdapat antioksidan yang sangat baik untuk melindungi dan menjaga tubuh kita dari serangan radikal bebas yang sangat buruk bagi kesehatan.
  • Mencegah kanker
Di dalam terong memilki kandungan inhibitor yang sangat berfungsi menjegah tumbuhnya sel kangker di dalam tubu kita.
  • Menurunkan darah tinggi
Terong memilki kandungan kalium sedikitnya 217mg /100gram ini cukup untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi.

 



No comments:

Post a Comment